Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

Kisah Panjang Kapanlagi.com Menjadi Raksasa Situs Hiburan

Technopreneurship Biografi

Rating : (21)
Awal perjalanan situs entertainment kapanlagi.com meraih sukses hingga menjadi 5 situs online terbesar di Indonesia


Logo kapanlagi

Tapi ada yang bilang pertolongan Tuhan itu tepat pada waktunya! WE SURVIVE! Bangkit dari sekarat.

Sebagian netizen di Indonesia, mungkin sudah familiar dengan situs hiburan artis Indonesia terbesar, Kapanlagi.com . Namun tidak banyak yang tahu, perjalanan "berdarah-darah" yang dilalui oleh Steve Christian, CEO dan Founder Kapanlagi.com, dan tim mereka yang awalnya hanya 5 orang.

Kali ini, saya akan membahas perjalanan melelahkan mereka sudah mulai meraksasa dengan berdirinya beberapa portal lainnya yang sudah semakin niche ke pasarnya sendiri seperti: bola.net, situs yang merangkum seluruh berita terkait sepakbola lokal dan mancanegara, vemale.com, situs yang berisi ribuan tips dan informasi untuk wanita, dan terakhir, merdeka.com, situs yang merangkum berita seputar politik dan kejadian menarik di Indonesia.

Saat itu tahun 2003, Steve mendaftarkan domain Kapanlagi.com dan memulai perjalanan panjang membangun situs online portal terbesar di dunia bersama tim, bahkan tanpa seorangpun yang memiliki pengetahuan di bidang media sama sekali. Saat itu, mereka belajar secara otodidak atau learning by doing.

Mereka membentuk tim dengan dana yang terbatas, untuk menyewa Editor, Programer, dan Desainer di ruko yang disewa oleh Eka, salah seorang Founder yang juga merupakan pebisnis ulung.

Terus merugi beberapa tahun, mereka hadapi dengan kerja keras hingga suatu saat, sempat terpikir bahwa biaya operasional Kapanlagi sudah tidak dapat mereka.

Beruntung, datangnya bantuan dari Tuhan (entah dana dari investor atau pendapatan dari iklan karena tidak disebutkan) yang disebut Steve, adalah keajaiban di saat kritis. Lambat laun, kapanlagi terus berkembang hingga mendapatkan 40 juta orang yang yang berkunjung di tahun 2009, berdasarkan data Google Analytics dari Steve.

Perjalanan panjang kapanlagi.com bisa anda lihat di http://company.kapanlagi.com/

Saya sangat salut dengan Kapanlagi yang menjadi sebuah contoh startup yang melegenda hingga sekarang yang dimulai dari kerja keras dan mimpi yang besar. Salute :)

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#kapanlagi #steve christian #merdeka.com #kapanlagi.com #startup

ARTIKEL TERKAIT

Follow Grevia :            
Daftar Email anda ke newsletter.
copyright © 2020 Grevia Networks.
×