Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

The Next Big Thing di Indonesia

Startup

Rating : (94)
Iklim bisnis di Indonesia beberapa tahun ke depan akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segi teknologi.




Pertumbuhan startup di Indonesia mulai banyak bertumbuh dimulai dari tahun 2012 dan diperkirakan akan menjadi trend bisnis yang sangat pesat hingga 2020.

Ketika Steve Job, sang pendiri Apple, kembali memimpin perusahaan tersebut setelah sebelumnya dipecat dari perusahaannya sendiri, Jobs memikirkan visi dan mencoba meramal the next big thing.

Jobs melihat bahwa di masa depan, setiap orang akan bisa membeli dan menggunakan komputer PC dengan harga yang tidak terlalu mahal untuk beraktivitas sehari-hari yang saat itu dikuasai oleh IBM. Dari hasil riset dan passionnya, Jobs akhirnya menciptakan Macbook.

Lalu berikutnya Jobs membuat i-Pod, pemutar musik dengan kapasitas hard drive yang memuat 5000 lagu, dengan iTunes, setelah mengetahui industry musik yang erat dengan pembajakannya yang sangat sukses. Karya terakhirnya yang paling fenomenal adalah iPad, sebuah komputer tablet layar sentuh yang membuka pintu bisnis baru yang disebut Jobs, 1 iPad terjual setiap 5 detik.

Pelajaran apa yang bisa anda dapat dari cerita diatas ? Bahwa, kesuksesan ketika memulai atau menjalankan sebuah perusahaan adalah memprediksi masa depan, what is the next big thing, yang akan terjadi atau dibutuhkan orang-orang dalam 2-5 tahun lagi, bisnis apa yang ingin anda masuki.

Apakah seputar bisnis yang umum digital ads agency, e-commerce, marketplace atau menciptakan pasar baru ? Khusus di Indonesia, fenomena startup internet atau perusahaan baru yang memulai bisnis mengandalkan media internet sudah cukup banyak. Dimulai dari situs Daily deals, Groupon yang mengakuisisi perusahaan lokal Disdus, Lazada yang membuka bisnis e-Commerce, Tokopedia, Tokobagus.com , dll.

Trend penggunaan internet pun semakin banyak dengan tingginya penjualan smartphone yang diikuti peningkatan kecepatan koneksi internet yang disediakan oleh provider yang kini sudah mencapai 4G di daerah tertentu. Dari kacamata penulis, gelombang bubble dotcom di Indonesia akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan, lalu apakah anda sudah siap merencanakan dan memulai startup anda ? atau anda tetap ingin menjadi karyawan dengan penghasilan tetap ?

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#big thing #masa depan #teknologi masa depan #startup #dotcom bubble

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×