Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

Nasihat dari Steve Jobs: pentingnya bertanya dan meminta bantuan dari orang lain

Biografi Karir Profesional

Rating : (99)
Nasihat sederhana dari Steve Jobs tentang betapa mudah dan pentingnya meminta pertolongan dari orang lain.


Sumber : Getty Images



Saat aku meminta bantuan, teleponku tidak pernah ditolak ataupun tidak diangkat oleh orang lain. Dan sebagai rasa bersyukur dan terimakasih, aku selalu membantu orang yang meminta

Nasihat sederhana kali ini datang dari Steve Jobs, almarhum pendiri Apple Computer, yang memiliki pengalaman menarik tentang betapa pentingnya bertanya dan meminta tolong kepada orang lain.

Steve menceritakan saat ia berumur 12 tahun, ia pernah menelepon Bill Hewlett, co-founder dari Hewlett-Packard, perusahaan komputer terkenal di Palo Alto saat itu, untuk meminta komponen yang Steve butuhkan untuk merakit sebuah perangkat keras frekuensi bersama Steve Wozniak.

Tanpa takut, Steve menelepon dan bertanya langsung dengan Bill, Bill malah tertawa dengan keras di telepon dan mengiyakan permintaan komponen yang dibutuhkan Jobs. Ditambah, Bill menawarkan pekerjaan untuk Steve dan ia menerimanya dengan senang hati.

Kebanyakan orang takut untuk meminta tolong

Steve Jobs mengatakan "Saat aku meminta bantuan, teleponku tidak pernah ditolak ataupun tidak diangkat oleh orang lain. Dan sebagai rasa bersyukur dan terimakasih, aku selalu membantu orang yang meminta bantuan kepadaku."

Lalu dalam sebuah dokumentasi di Youtube, ia menceritakan hal lainnya, "Kebanyakan orang takut untuk meminta tolong, tidak berani menghadapi penolakan, itulah yang membedakan orang yang berhasil dan orang yang hanya bermimpi."

Jika saat ini anda sedang membangun usaha, jangan ragu untuk meminta pertolongan dari orang yang anda pikir bisa membantu anda karena kunci sukses dari para Founder startup untuk bisa berhasil adalah kolaborasi. 

 

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#steve jobs #apple #nasihat #founder

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×