Chat with us
Subscribe
Dapatkan berita terbaru seputar startup dan inspirasi technopreneurship dengan berlangganan newsletter Grevia.

 

4 Istilah Investor Dalam Membangun Startup

Startup

Rating : (117)
Istilah-istilah pendanaan dari investor yang wajib diketahui Founder sebelum melakukan pitching.


Investor



Kenali kebutuhan pendanaan startup anda, sebelum anda melakukan pitching ke investor.

Saat ini kamu sudah memiliki ide, bahkan sudah menjalankan startup sesuai pilihan dan analisa bisnis kamu. Namun ternyata, kamu mengalami masalah modal ataupun dana yang dibutuhkan untuk operasional ataupun untuk pengembangan bisnis kamu, yang sudah semakin menipis.

Masalah pendanaan untuk startup sebetulnya memiliki banyak solusi seperti meminjam ke kerabat, meminjam ke bank ataupun mencari investor. Kali ini, saya akan membantu membahas beberapa sumber pendanaan yang mungkin bisa membantu definisi para pendiri usaha startup.

Ketika startup kamu membutuhkan modal, kamu harus mengetahui 4 istilah sebelum pitching ke investor, yang masing-masing memiliki fungsinya masing-masing :

  1. Angel Investor
    Adalah individual atau perorangan yang memiliki uang yang cukup atau membantu startup kamu ketika mengalami tantangan.

  2. Venture Capital (VC)
    Adalah Badan yang membantu mengumpulkan uang dari investor untuk menginvestasikan uang untuk startup kamu.

  3. Inkubator
    Adalah badan yang membantu mengembangkan startup kamu dengan menyediakan mentor dan sumber daya (contoh: ruang kantor, akses ke tokoh terkenal,dll), dengan sejumlah uang.

  4. Accelerator
    Badan yang membantu mengembangkan konsep, ide dan sejumlah uang (tidak sebanyak Angel Investor dan VC) agar startup kamu mampu mendapatkan pendanaan ke VC.

 Saat ini sudah mulai banyak bermunculan investor lokal seiring dengan meningkatnya pertumbuhan startup di Indonesia seperti Skystar Ventures (Sky Star Ventures) , Ideasource (Ideosource),dll. Iklim pertumbuhan bisnis dari startup ini diharapkan dapat memperbesar peluang industri informasi teknologi kita di mata Asia dan Internasional.

Comments


AUTHOR
Rusdi Karsandi @rusdikarsandi linkedin

Techpreneur Grevia.
A digital enthusiast, who loves technopreneurs and startups. I love learning about passionpreneurship and motivates people to concepting new ideas for startups. Let's collaborates & change the world together.

TAG
#Investor #pitching #angel investor #bootstrap #modal #startup

ARTIKEL TERKAIT

Copyright © 2011 - 2024. Grevia Networks
×